Monday, July 25, 2016

Penonton Biasanya (Merasa) Lebih Pintar Dibandingkan Dengan Pemain

Penonton Biasanya (Merasa) Lebih Pintar Dibandingkan Dengan Pemain
Penonton sepak bola

Pekan lalu saya telah mendapatkan sebuah pencerahan (enlightment) dalam pekerjaan atau aktivitas sehari - hari. Ada perbedaan besar antara yang mengerjakan dan mengawasi atau antara yang main dengan yang menonton.

Seorang staff telah menjelaskan sejauh mana bedanya itu. Kebetulan dia pernah menjalani dua posisi tersebut. Ketika dia menjadi seorang pengawas (controller, auditor) dia bisa dengan mudah melihat celah dan kesalahan para pelaksana yang diawasi atau diaudit olehnya.

Kemudian dia baru "kena batunya" ketika harus menjadi pejabat sementara (PJS) sebuah jabatan. Kali ini dia bertindak sebagai pelaksana. Dia merasakan sulitnya sebagai pelaksana. Apa - apa yang dahulu terlihat mudah ketika di posisi pengawas menjadi sulit ketika ketika mengerjakannya sendiri. Ternyata tidak mudah ya, begitu akunya. Setelah itu dia bisa lebih berempati kepada mereka - mereka yang sebagai pelaksana.



Sebenarnya hal ini pernah terjadi juga di sebuah perusahaan. Untuk mengisi kekosongan beberapa posisi kepala cabang, maka diambilah para penggantinya dari internal auditor yang biasa mengaudit kinerja cabang. Hal ini berdasarkan asumsi, kalau bisa mengaudit tentu bisa mengerjakan karena sudah paham betul kinerjanya. Teorinya seperti itu namun kenyataannya setelah para internal auditor ini menjadi kepala cabang, tidak serta merta mereka bisa jess langsung bekerja. Ternyata mereka "sama payahnya" dengan para kepala cabang yang dahulu mereka audit. Mereka tersandung juga dengan temuan - temuan yang sama dengan mereka temukan ketika mereka menjadi internal auditor.

Lantas hikmahnya apa saya menuliskan ini? Sebelum kita mengkritisi atau menilai orang lain, mengenai apa pun dan di bidang apa pun, pertama - tama kita bertanya : bagaiamana kalau saya di posisi tersebut? Bagaimana kalau saya yang menjadi pemain? Karena biasanya penonton biasanya selalu merasa lebih pintar dibandingkan dengan yang main.

foto : mxmstyro


0 comments:

Post a Comment