Thursday, May 20, 2010

Trik Mengakali Suplier yang Bandel

oleh : hasan abadi kamil

Dalam sebuah perusahaan, kita tidak lepas dari dukungan suplier/ vendor dalam memasok barang-barang untuk memperlancar aktivitas. Khusus untuk bahan baku (raw material) setiap pengiriman harus dilengkapi dengan certification of analysis (CoA). Karena suplier juga manusia, terkadang mereka lupa menyertakannya dalam pengiriman.

Bagi kami dokumen CoA tersebut penting, sehingga kami menghubungi suplier untuk melengkapi dokumennya. Dan biasanya mereka selalu lupa untuk memenuhinya, sampai kita pun sama-sama lupa. Padahal pemberitahuannya sudah dilakukan melalui surat dan telefon.

Cara ini tidak ampuh, dan sering berulang-ulang. Tentu saja buang waktu dan buang dengan hasil belum tentu ada. Belum lagi korban perasaan.

Ting! Akhirnya ada sebuah ide untuk mencegah hal ini terjadi lagi : suplier yang tidak menyertakan dokumen CoA dalam pengirimannya akan ditunda pembayarannya sampai dokumennya lengkap.

Dan hasilnya cukup ampuh. Setiap ada yang lupa menyertakan CoA-nya, langsung kami mengirimi surat ke suplier : pembayaran anda ditunda sampai CoA-nya datang. Dan otomatis tis, hari itu juga mereka mengirimkan dokuemnnya :). Hemat waktu, uang dan tentu saja perasaan :).

Hmmm...terkadang uang itu merupakan tools yang efektif juga untuk kondisi dan pihak tertentu.

0 comments:

Post a Comment