Tuesday, May 11, 2010

Kita Semua Adalah Manajer

oleh : hasan abadi kamil

Ketika seorang mencapai posisi sebagai Manajer maka akan terlontar dari sekitarnya : "Wah  sekarang enak dah jadi manajer ya?" Lontaran ini bisa benar bisa juga tidak lantas sebenarnya apakah itu manajer?

Dalam sebuah kursus manajemen internal manager  adalah orangnya dan manage adalah kegiatannya. Untuk kata kerja manage diberi deskripsi : a thief manage to escape from jail. Jadi manage adalah segala upaya yang dilakukan untuk mencapai target/ tujuan. Dengan perumpaan seorang napi yang mau meloloskan diri dia melakukan segalanya agar bisa meloloskan diri dari penjara.

Plan
Kalau dia mau kabur maka dia harus menentukan rute kaburnya. Merencanakan langkah-langkah untuk kaburnya. Tentunya dengan memperhitungkan kapan pergantian penjaga, kapan penjaga lengah, rute mana yang terdekat.

Do
Setelah rencana sudah tersusun tinggal dilaksanakan.

Check
Kalau sudah dilaksanakan tinggal dua kemungkinan : bisa berhasil lolos dan bisa juga ketahuan. Kalau gagal maka diperiksa lagi rencananya. Buat lagi rencana yang lebih jitu agar bisa lolos.

Action

Setelah direncanakan lagi maka dicoba lagi sampai tujuannya tercapai. Kalau berhasil kasih tahu ke teman-teman yang masih di penjara bagaimana caranya lolos yang efektif dan efisien.

Kalau dilihat dari gambaran di atas maka setiap orang dalam level perusahaan : dari level direktur sampai operator adalah manager. Jadi manager adalah orang yang berusaha untuk mencapai tujuan/ sasaran dalam pekerjaan.

Sebenarnya ketika seorang naik jabatan menjadi manager bisa jadi secara gaji dan fasilitas naik yang diiringi dengan naiknya tanggung jawab. Dalam frame saya salah besar ketika kita jadi manager semakin sedikit kita bekerja, datang boleh seenaknya dan lain-lain. Justru ketika sebaliknya.

Dan dalam buku Good to Great, sebuah buku yang berisi tentang rahasia perusahaan-perusahaan yang tidak hanya baik tetapi juga luar biasa, dalam contoh sebuah perusahaan Good to Great embel-embel antara manager dan bukan tidak dibedakan. Seragamnya sama, tempat parkirnya sama dan kantinnya sama. Seorang staff mengeluhkan soal itu. Kemudian ada sebuah jawaban yang bagus : Anda menjadi manager atau bukan, bukan ditentukan dari bedanya seragam anda melainkan kemampuan Anda!

0 comments:

Post a Comment