Monday, October 19, 2020

Antara Tidak Tahu dan Pura-pura Tahu

 Dalam berdiskusi ada dua tipe orang kalau tidak mengetahui sesuatu hal, mereka akan bersikap :

1. Orang yang berani mengatakan "tidak tahu". 

2. Orang yang pura-pura "tahu" alias tidak berani mengatakan "tidak tahu".

Orang tipe pertama adalah orang yang rendah hati. Dia dengan berani mengakui segala kekurangannya dan tidak ragu-ragu mengatakan, " saya tidak tahu." Dan orang tipe ini akan menyimak dengan seksama penjelasan orang lain, mengenai hal yang dia tidak tahu. Orang ini benar-benar tulus ingin mengetahui sesuatu.

Orang tipe kedua, adalah orang yang tidak berani mengatakan tidak tahu. Dia akan mengatakan, " saya tahu". Dan orang macam ini jarang sekali mau mendengar apalagi menyimak penjelasan dari orang lain. Biasanya di dalam diskusi, dimana ada satu hal yang tidak dia ketahui, dia akan berusaha menghubung-hubungkan satu "titik" dengan "titik" yang lain, menduga-duga, sampai mengarang-ngarang apa yang sedang dibicarakan. Dia tidak tahu apa yang dibicarakan tadi memang benar atau tidak yang penting dia bisa sekedar menjawab. Masalahnya ini bisa membahayakan pada keseluruhan diskusi.

Marilah untuk mengakui bahwa ada yang tidak kita ketahui. Karena kita manusia yang mempunyai segala keterbatasan. Dan ini memacu kita untuk terus belajar sesuatu.

0 comments:

Post a Comment