Tuesday, November 26, 2019

Kepemimpinan (leadership) itu memang dahsyat.


Kepemimpinan (leadership) itu memang dahsyat. Dia bisa mengubah apa pun, kecuali menghidupkan orang yang telah mati. Dari sekian pengertian mengenai kepemimpinan, maka pengertian kepemimpinan yang kami pegang di tempat kerja adalah sebagai berikut :

- ing ngarso sing tulodo, di depan memberi contoh
- ing mady mangun karso, di tengah membangung semangat
- tut wuri handayani, mendorong dari belakang.



Di sebuah bagian perusahaan anu, para karyawannya biasa memesan makanan dan minuman dari luar. Kalau zaman sekarang seperti pesan via aplikasi g****d. Ditambah lagi secara kebijakan perusahaan mengalokasikan dana untuk kegiatan ini. Ketika pimpinannya berganti, dia mempunyai kebiasaan hanya minum air putih, tidak pernah memesan makanan keluar sama sekali. Walau pun duitnya disediakan perusahaan dan sah-sah untuk dilakuan. Karena kebiasaannya ini, tidak membutuhkan waktu lama para anak buahnya tidak pernah lagi memesan makanan dan minuman dari luar.

Hal ini mirip seperti zaman dahulu di Tiongkok. Pada suatu saat para permaisuri dan selir senang memaki celana panjang. Walau pun mereka memakainya di dalam lingkungan istana, artinya tidak terlihat dari luar, banyak para wanita rakyat kerajaan ikut-kutan memakai celana.

Karena pada waktu itu memakai celana dianggap tidak pantas untuk perempuan, maka kaisar mengeluarkan peraturan pelarangan memakai celana. Walau pun sudah diterapkan dan ada ancaman sanksinya bagi yang melanggar, tetap saja masih ada yang memakai celana.

Selidik punya selidik, ternyata para permaisuri dan selir masih memakai celana, walau pun di dalam lingkungan istana. Langsung saja, kaisar melarang para permaisuri dan selir. Setelah kejadian itu, tak ada lagi wanita rakyat kerajaan yang memakai celana.

Maka benarlah bahwa kepemimpinan itu luar biasa. Dimana pemimpin itu dijadikan pedoman (standar) moral bagi rakyatnya.

sumber gambar : pixabay

0 comments:

Post a Comment