Monday, June 7, 2010

Mensiasati Pemakaian APD pada Karyawan

oleh : hasan abadi kamil

Pemakaian Alat Pelindung Diri (selanjutnya disingkat APD) kepada karyawan termasuk susah-susah gampang. Padahal tujuannya adalah untuk melindungi kesehatan dan keselamatan kerja mereka. Namun tetap saja ada alasannya untuk melanggarnya: mulai dari lupa,  panas, gerah, gak nyaman dan lain-lain.

Selama ini setiap karyawan yang tidak memakai APD ditegur oleh atasannya masing-masing. Setelah ditegur biasanya mereka "inget" untuk sementara. Dan biasanya kalau atasannya berlalu, mereka akan kembali ke "asalnya".

Lama-kelamaan capek juga mengingatkan terus menerus. Memangnya tidak ada pekerjaan lain. Akhirnya seorang karyawan mengusulkan sebuah saran yang cukup jitu: Setiap karyawan yang kedapatan tidak memakai APD, difoto dan fotonya dipasang di papan pengumuman yang mudah dilihat oleh semua orang.

Saran tersebut kemudian dilaksanakan. Dalam sebuah inspeksi berhasil mendapatkan beberapa "korban". Jepret! Jepret! Gambarnya juga berhasil didapat. Keesokannya, foto-foto "korban" dicetak dan dipajang di papan pengumuman. Mereka yang merasa fotonya dipajang langsung merasa malu, walau pun teman-temannya tidak ngerasani.

Alhamdulillah setelah "pemotretan" pertama kali, para karyawan boleh dibilang setia dengan APD.

0 comments:

Post a Comment