Monday, August 31, 2020

Sukses atau Gagal itu Hasil Akhir. Yang Penting Usaha

sukses atau gagal itu kondisi akhir. usaha yang penting


Di situs profesional Linkedin, ada yang posting soal dirinya. Dia dikritik temannya sebagai orang yang kaya pengalaman, miskin prestasi. Maksudnya adalah di dalam CV-nya dia tidak mencantumkan achievement selama dia bekerja.

Alasan dia cukup sederhana, namun dalam. Dia tidak mau mengklaim bahwa keberhasilan dia itu semata-mata hanya kerja keras dia sendiri. Ada peran Alloh SWT dan orang lain di belakangnya. Seperti dia pernah mencapai sales 110%. Dia meragukan itu hanya hasil dia sendiri. Ini hasil bersama-sama. Banyak orang yang berkontribusi di sini.

Jadi, kita jangan silau kalau membaca prestasi atau achievement orang-orang yang kita kenal di Linkedin. Belum tentu apa yang tertera di situ kejadian yang sesungguhnya. Bagaimana mungkin tulisan dalam satu halaman sudah menceritakan keseluruhan diri seseorang. Membuat deskripsi singkat namun menarik audience itu soal lain.

Saya sudah melihat hal seperti ini. Ada leader yang tidak bisa melakukan apa-apa. Padahal profil dia masuk dalam majalah ternama. Ada yang mempunyai portofolio keren sekali dari beberapa perusahaan multinasional, namun pas pindah kerja, dia tidak bisa melakukan breakthrough. Dan cerita sebaliknya juga ada. Ada orang yang kalau dari luarnya tidak menarik, namun timnya adalah yang paling solid dan membabat habis semua kerjaan. 

Dari sini, saya bisa menerima kesuksesan dan kegagalan. Orang hanya melihat ujungnya saja, tetapi tidak melihat prosesnya. Bisa jadi seseorang mencapai kesuksesan, karena mempunyai tim yang solid dan mumpuni. Sistem yang sudah jalan. Jadi kita enggak ngapa-ngapain semua sudah jalan. Kita masih asyik posting dan pasang status di social media, target kerjaan kita semua jalan terus.

Dan bisa jadi juga ada yang mencapai kegagalan bukan karena kita yang malas atau ogah-ogahan. Bisa saja kita single fighter dan tidak ada orang yang bisa diajak berdiskusi. Sistemnya belum mendukung. Arahannya belum jelas dan banyak hal lain.

Jadi buat yang masih jauh dari kesuksesan, Anda tidak perlu berkecil hati, Anda mungkin belum beruntung saja, namun sudah dalam on the track Dan buat Anda yang dipenuhi kesuksesan, mawas diri, ingatlah banyak pihak yang ikut berperan di sini. Jadi dari sini, abaikanlah melulu kesuksesan atau kegagalan. Fokuslah dengan apa yang kita lakukan. Seberapa keras kita sudah berusaha. Masalah sukses dan gagal, itu hanyalah akhir cerita.


foto : Daniel Reche dari pixabay

0 comments:

Post a Comment