Monday, July 19, 2010

Trans Maung Siliwangi

oleh : hasan abadi kamil

Bagi komuter yang bekerja di daerah Jababeka Cikarang Kabupaten Bekasi, dan mengandalkan jasa angkutan tukang ojek pasti sering melihat tulisan "Trans Maung Siliwangi" di seragam tukang ojeknya.

Iseng-iseng saya pun menanyakan soal trans maung siliwangi ini kepada para tukang ojek. Setelah menanyai beberapa tukang ojek ada beberapa informasi yang bisa disimpulkan sebagai berikut :

1. 100% tukang ojek yang mangkal adalah asli penduduk situ. Mereka adalah eks penduduk yang pernah menetap di kawasan industri jababeka. Dari obrolan saya jadi tahu kalau pabrik mattel yang memproduksi boneka barby dulu namanya pulo kapuk. Terus ada blok asem, blok satu dan rawa lintah. Itu adalah nama-nama "asli" sebelum menjadi cluster-cluster di cikarang baru.

2. Trans Maung Siliwangi adalah semacam paguyuban tukang ojek yang dibentuk oleh seseorang yang asli orang situ. Para anggotanya mempunyai tanda pengenal dan ada iurannya. Cuma kalau analisa saya, trans maung siliwangi ini dibentuk agar para penduduk asli tidak terpinggirkan oleh kedatangan para pendatang dengan berdirinya bangunan-bangunan pabrik ibarat gula yang siap diserbu semut dari segala penjuru. Walau pun terkesan KKN (100% anggotanya penduduk asli) saya fikir ada bagusnya untuk mencegah gesekan sosial yang disebabkan adanya kesenjangan antara pendatang dan penduduk asli.

Pembangunan pasti meninggalkan residu : orang-orang yang tidak bisa bersaing. Namun terkadang ketidakbersaingan ini dikarenakan akses informasi dan kesempatan yang tidak dimiliki semua orang.

0 comments:

Post a Comment