Monday, October 28, 2013

Gathering PT Paragon Technology and Innovation dengan Mahasiswa Kimia ITB 22 Oktober 2013

Laporan Pandangan Mata Seorang Alumni Kimia 

Rintik - rintik hujan menyambut kami di kota Bandung. Waktu hari sudah masuk maghrib. Ya sejak dari Jakarta hujan telah menaungi kami sampai ke tujuan. Namun semuanya tidak menjadi penghalang. Sejak dari Jakarta, di dalam kendaraan, terselip segala memori tentang seputar kuliah di kimia ITB.

Kami sengaja menyempatkan diri untuk menghadiri acara gathering dengan mahasiswa kimia ITB yang diadakan oleh PT Paragon Technology and Innovation.

Acara pun dimulai setelah sholat maghrib, satu demi satu mahasiswa kimia dari mulai angkatan 2009 - 2011 meemasuki kafe Dacosta hotal Sawunggaling. Ternyata hujan tidak menjadi halangan bagi kita (he he he).



Tujuan dari gathering ini adalah untuk berbagai mengenai dunia setelah kuliah yang bisa dilakoni oleh para sarjana kimia. Kebetulan di PT Paragon Technology and Innovation banyak lulusan kimia menempati beberapa posisi yang bahkan melenceng dari berbau kimia. Ada yang menjadi account executive modern market (marketing), recruiter, brand tools developer, information technology, formulator RND, quality analist dan mengurusi supply chain.

Tak lama kemudian hampir semua kursi yang disediakan terisi penuh. Kalau tidak salah hitung 100-an mahasiswa kimia telah datang. 

Kami berharap dalam sharing ini bermanfaat bagi adik – adik yang masih atau sudah selesai studi di kimia. Berkaca kepada pengalaman sendiri, kebanyakan calon sarjana bingung sekali untuk menjalani dunia setelah kerja. Kebanyakan stereotype-nya adalah menjadi dosen, peneliti dan hal – hal yang berbau laboratorium. Dan alhamdulillah itu diamini oleh beberapa adik – adik yang yang diajak untuk ngobrol. Diharapkan juga kegiatan seperti ini rutin untuk dilakukan.

Acara dibuka oleh Kak Shinta P Endriaswari yang kebetulan lulusan kimia juga. Lalu satu demi satu para alumni kimia dan alumni farmasi (ternyata ada juga ya) menceritakan tentang masa kuliahnya dan jenis pekerjaan yang digeluti di PT Paragon Technology and Innovation. Di penghujung sambil menikmati makan malam (salah satu acara puncak dan ditunggu) kami disungguhi dengan artis dadakan dari teman - teman Amisca.

Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 10 malam ketika acara selesai. Walau pun capek, tapi acara ini berkesan bagi adik - adik dan kami sebagai alumni kimia. Senang rasanya bisa berbagi. Jadi dunia setelah kuliah bagi lulusan kimia itu sangat luas; berbagai bidang. Namun yang saya tahu belum ada yang jadi artis atau presiden.

0 comments:

Post a Comment