Saturday, October 12, 2019

Izzy Stradlin

Kamu suka musik? Iya

Genre lagu apa yang suka didengarkan? Banyak. Umumnya yang keras-keras. Tapi enggak semuanya keras. Keras dan enak didengar. Keras kalau jedak jeduk jedak jeduk atau asal keras ya enggak didengerin.


Pemusik dan band apa yang disukai? Kalau sekarang enggak ada yang terlalu "fanatik". Apa saja, asal memenuhin kriteria yang di atas. Kalau dulu ya suka rock, grunge dan alternatif. Ada beberapa band yang disukai seperti Guns N Roses, Nirvana, Alice in Chains, Soundgarden, Red Hot Chilli Peppers dan lain sebagainya. 


Kalau menjadi seorang musisi, posisi yang mau dipilih dan ingin menjadi seperti siapa? Kalau menjadi musisi, ingin-nya pegang gitar. Kenapa gitar, kayaknya keren bisa menghasilkan bunyi-bunyian yang unik. Awalnya saya suka Slash (Soul Hudson) gitarisnya GNR, namun ke sini-sini ingin seperti Izzy Stradlin. Gitarisnya GNR juga. Kenapa bisa pindah? Setelah banyak membaca referensi saya baru menyadari bahwa hatinya GNR itu ya Izzy. Mungkin bisa diperdebatkan, namun faktanya seperti yang kita lihat selepas Izzy keluar dari GNR, band ini sulit untuk membuat lagu yang enak. Contohnya album The Spaghetti Incident gagal di pasaran. Setelah itu butuh delapan tahun lebih, kalau tidak salah, untuk mengahsilkan album Chinese Democracy.


Kalau Kita baca, Izzy Stradlin ini banyak menciptakan lagu hit. Baik sebagai writer atau co-writer. Kita sebut misalnya Sweet Child O'Mine, Don't Cry, Patience, You Could Be Mine dan lain-lain. Selain bisa menciptakan lagu, dia ini great composer. Misalnya dia yang pertama menyadari enaknya intro Sweet Child O'Mine yang dimainkan Slash. Terus bagaimana dia mencoba bunyi-bunyian simbal, agar mendapatkan bunyi yang pas di lagu Pretty Tied Up. Banyak yang bilang bahwa dia itu menciptakan rhythm yang genius. Buktinya kita bisa lihat di album Appetite For Destruction.


Terus, kalau ada yang tanya mengapa solo karirnya tidak sukses setelah dia keluar dari band ? Padahal katanya dia punya talenta. Izzy ini orang yang hanya ingin bermain musik. Tidak lebih. Dan dia tidak suka publikasi .Makanya banyak album yang tidak meledak di pasaran. Bahkan para fansnya membuatkan sebuah petisi agar dia mau mengeluarkan album barunya. Setelah itu dia baru mau mengeluarkan album baru. Dan sebagai informasi saya tidak bisa memainkan gitar he he he.

0 comments:

Post a Comment