Wednesday, November 4, 2020

201104



Yang namanya berubah itu sulit sekali. Sebagai contoh, hampir semua orang menyakini bahwa olahraga itu baik untuk kesehatan. Namun pada prakteknya adalah berapa orang yang melakukan olahraga? Tidak banyak. Padahal dalam mindset mereka, olahraga itu baik, namun tidak berubah menjadi perilaku (behavior).

Makanya kalau kita mau ganti-ganti sistem dalam bekerja difikir-fikir dulu. Jangan baru 6 bulan jalan sudah ganti dengan yang lain. Alasannya tidak cukup efektif dan tidak sesuai dengan kondisi perusahaan kita. Bagaimana mungkin kita bisa menilai dari 6 bulan pelaksanaan? Idealnya 2-3 tahun kita terapkan baru bisa kita mengevaluasi efektivitas dari sistem tersebut.

Berdasarkan pengalaman, untuk mengubah perilaku karyawan mau memakai masker, kami membutuhkan waktu kurang lebih 6 tahun. Dengan melakukan segala cara agar karyawan mau setiap memakai masker ini. Mulai diberi surat peringatan (SP), difoto dan fotonya ditempel di tempat umum, sampai mereka "dihukum" membuat ide-ide perbaikan karena tidak memakai masker. Dan ternyata ini juga dialami oleh teman-teman yang bekerja di perusahaan lain. Kami pernah bertemu dengan teman-teman Unilever Cikarang. Mereka juga menyebutkan angka yang sama untuk menerapkan masker. Wow...memang luar biasa. Namanya mengubah perilaku ternyata memang susah.

Makanya untuk membiasakan memakai masker saja, membutuhkan waktu 6 tahun apalagi menerapkan cara orang seharusnya bekreja, yang jauh lebih kompleks dari sekedar memakai masker. Kalau dalam waktu sebentar sudah berganti-ganti sistem, tidak ada yang bisa terimplementasi dengan baik. Dan saya sempat tercenung waktu baca status Jun Nakamura, seorang konsultan lean, di linkedin : kegagalan menerapkan TPM, bukan terletak di TPM-nya itu sendiri. Melainkan di kepemimpinan kita. Jadi kalau kita gagal menerapkan ini itu, pertama-tama yang harus dievaluasi adalah diri kita sendiri. Apakah kita sudah paham betul-betul, apakah tahapannya sudah sesuai, dan lain sebagainya. Bagaimana mungkin kita mengatakan itu gagal dan tidak cocok, baru beberapa bulan diterapkan, ditambah lagi sudah banyak perusahaan yang sudah berhasil menerapkannya. 


Photo by Clique Images on Unsplash

0 comments:

Post a Comment