Monday, December 28, 2020

201228 Covid -19

Di penghujung tahun ini masih ada orang-orang yang memaksakan diri untuk berpergian ke tempat-tempat wisata dimana kerumunan berada. Padahal yang kita ketahui grafik covid-19 masih belum melandai dan malah sekarang ada strain baru yang lebih ganas. Ditambah beberapa pihak otoritas menyatakan bahwa kalau berkunjung ke tempat wisata harus menunjukkan hasil rapid test.

Kalau dipikir-pikir mengapa hal ini tetap terjadi pertama himbauan dari pemerintah kurang gencar dan kurang masif. Jadi sense urgency dari bahayanya dan pentingnya untuk menghindari covid ini masih kurang dirasakan. Padahal sudah mau satu tahun. Namun saya pun mengerti karena selain masalah kesehatan ada masalah ekonomi yang harus diperjuangkan. Jadi kalau kata Pak Yasraf Amir Piliang di saat ini muncul bio politik. Satu pihak ingin tubuhnya sehat dan aman dari penyakit dan satu pihak ingin tubuhnya tetap bisa makan; tetap hidup. Memang jadi dilema. Jadi bisa dimengerti kalau pemerintah terkesan seperti setengah-setengah dalam penanganan covid-19. Malah di awal pandemi pemerintah Indonesia memberikan diskon pariwisata untuk menggerakkan ekonomi. Jadi kesimpulan saya ada ancaman yang jauh lebih berbahaya dibandingkan ancaman covid-19 itu sendiri, yaitu masalah keambrukan ekonomi (dan ini jadi membantah klaim pemerintah sendiri sebelumnya yang mengatakan bahwa ekonomi kita baik-baik saja).

Terus kalau dari sisi rakyat Indonesia, mungkin sebagian besar orang sudah mulai bosan dirumah terus. Aktivitas terbatas tidak boleh kemana-mana. Akhirnya mereka pun memutuskan keluar rumah walau pun tahu ancamannya. Hal ini seperti banyaknya orang tua yang mengusulkan sekolah dibuka kembali karena mereka sudah tidak tahan mengajari anak-anak di rumah. Orang tuanya stress ternyata mengajari anak-anak itu tidak mudah dan anak-anaknya juga stress karena orang tuanya lebih galak dibandingkan guru mereka dalam mengajar.

Apa pun keputusannya seyogyanya kita tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tetap menjalankan 3 M. Memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Karena kita belum tahu kapan ini berakhir dan segalanya harus tetap bergerak.

0 comments:

Post a Comment