Tuesday, December 12, 2017

Mengapa Kita Tidak Khusyuk Dalam Sholat

Sholat adalah salah satu media untuk mengingat Alloh Subhana Wa Taala. Namun ketika sholat yang muncul dalam ingatan adalah selain Alloh.

"Allahu Akbar" ketika kita mulai takbiratul ikhram. Tiba - tiba :

"Eh baru ingat, hand phone gua simpan di laci meja." Barang yang lupa disimpan entah dimana, tiba-tiba jadi ingat dimana letaknya.
"Eh, laporan bulanan buat boss belum kelar juga. Diapain lagi ya? Tinggal analisinya aja." Ingat sama pekerjaan yang belum selesai.
"Eh, bagus juga ya ini jadi ide tulisan?" Jadi pembaca tahu kan tulisan ini munculnya kapan hehehe.

Yang membuat heran, kenapa sih setiap sholat hal-hal seperti itu jadi teringat. Padahal enggak pakai niat.
"Aduh, dimana ya handphone saya? Sholat dulu ah, biar ingat." Enggak juga kan?
Yang saya tahu kan jadikan sholat itu sebagai penolongmu, bukan sebagai pengingatmu. Sholatlah maka kamu akan tenang. Bukan sholatlah maka kamu akan ingat.

Mengapa kita tidak khusyuk dalam melaksanakan sholat? Karena kita disibukkan oleh urusan dunia. Ketika kita takbiratul ihram kita tidak meninggalkannya. Makanya ketika sholat kita akan teringat akan hal-hal di luar urusan mengingat Alloh Subhana Wa Taala. Maka ingatlah handphone yang tempatnya dimana, kerjaan yang selesai dan lain-lain.

Padahal orang yang lalai dalam sholatnya adalah orang yang celaka seperti tertera di dalam Al-Quran.
“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,“(QS Al Ma’un: 4-5). Dan kita tidak akan mendapatkan manfaat apa-apa dari shalat itu sendiri. Baik manfaat di dunia maupun di akhirat.

Keuntungan yang diperolah dari sholat yang pertama adalah  sholat adalah menjadi indikator diterima tidaknya amalan-amalan lainnya.
“Amal yang pertama-tama ditanyai Allak pada hamba di hari kiamat nanti ialah amalan shalat. Bila shalatnya dapat diterima, maka akan diterimu seluruh amalnya, dan bila shalatnya ditolak akan tertolak pula seluruh amalnya.” (HR Ahmad, Abu Dawud)

Yang kedua sholat berfungsi mencegah dari perbuatan keji dan munkar. Kalau kita sudah sholat, namun masih melakukan perbuatan keji dan munkar bisa jadi ada masalah dengan sholat kita. Sholat kita belum khusyuk.

Maka mulai dari sekarang kita berusaha untuk sholat dengan khusyuk.

#DWC30
#Squad 1
#Jilid 10
#Day15

0 comments:

Post a Comment